Sunday, November 3, 2019

Remedial

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata remedial? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, 

"Remedial adalah pengajaran ulang bagi murid yang hasil belajarnya jelek."

           Biasanya siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar ketuntasan minimal diharuskan melaksanakan remedial.  Bukan hanya ujian di sekolah. Namun juga ujian kehidupan. Pernahkah kamu merasa diuji pada hal yang sama bahkan berkali-kali? Lalu kamu pun bertanya mengapa aku masih diuji dengan hal ini? Coba renungkan baik-baik. Pelajaran apa yang hendak Allah berikan pada kita? Apakah kita sudah memahaminya dengan baik? Apakah kita sudah mencapai itu.

           Ketika kita diuji dengan kekurangan dan kehilangan. Maka Allah sedang menguji kesabaran kita. Allah menguji kita dengan berbagai jenis persoalan. Allah SWT berfirman ;

 " Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. " 

          Allah akan uji kita pada satu hal sampai kita lulus pada ujian tersebut. Bisa jadi kita diberi jenis soal yang sama namun dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Misalnya ada orang yang awalnya diuji dengan kehilangan harta. Lalu tak lama kemudian kehilangan orang tercinta.

        Allah sedang memberi pelajaran kesabaran, maka Allah uji dengan berbagai persoalan agar dapat mencapai derajat orang yang sabar. Allah pun ingin memberi pelajaran bahwa tiada satu pun di dunia ini yang kita miliki. Semua hanya titipan. Maka kita tidak perlu keberatan jika suatu saat Allah ambil kembali.   Ketika kita lulus pada ujian Bab Sabar maka Allah akan uji pada bab selanjutnya. Allah akan uji kita pada Bab Syukur dengan berbagai jenis persoalan hingga kita mampu bersyukur. 

        Sama halnya seperti remedial dalam konteks pembelajaran. Pada hakikatnya remedial adalah sarana agar kita mampu mengejar ketertinggalan dalam memahami suatu pelajaran dan mampu mencapai standar ketuntasan minimal. Ujian dan remedial adalah tanda cinta.

         Apakah tega seorang guru membiarkan siswanya dalam kesulitan belajar? Tentu seorang guru akan berusaha agar siswanya mampu . Memberikan remedial adalah tanda peduli. Begitu pun halnya pada kehidupan,  ujian dan remedial  adalah tanda cinta dari Allah. Maka jangan bersedih hati dengan persoalan sama yang tak henti Allah berikan untuk kita. Allah sedang merangkul kita. Allah sedang mendidik kita.

#30DWCJilid20Day18

           

No comments:

Post a Comment

Nikmat Melihat