Saturday, November 2, 2019

Apa Sampah Akan Hilang Jika Dibuang?

              Buanglah sampah pada tempatnya. Itulah kalimat yang biasa kita temukan. Tapi apakah ketika kita membuangnya sampah akan hilang? Membuangnya tidak berarti menghilangkan.  Sampah hanya berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain. Sampah dari rumah kita berpindah ke TPS lalu berpindah lagi ke TPA. Ketika kita membuang sampah ke sungai. Bukan berarti sampah yang hanyut oleh air akan hilang. Sampah akan menumpuk hingga ke laut. 

Yuk, kita perhatikan sampah di sekitar kita. Sampah memang sesuatu yang sudah tidak kita gunakan. Tapi sampah bukan untuk dibenci. Kita harus mencintainya dan memperlakukannya dengan baik. Maka ia pun akan memperlakukan kita dengan baik. Ia tidak akan mengganggu kita dengan baunya , pun tidak akan menjadi penyebab bencana. Sebaliknya sampah akan memberikan kebaikan untuk kita. 

Seperti sampah yang dibuat menjadi pupuk kompos lalu  akhirnya bermanfaat untuk tanaman. Sampah-sampah anorganik dibuat menjadi kerajinan  tangan lalu akhirnya dapat dijual. Barang yang semula sudah tidak berharga berubah menjadi barang berharga dan lebih bernilai. Kerajinan yang terbuat dari sampah atau barang yang sudah tidak dapat dipakai memiliki nilai ekonomis yang tinggi, sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang cukup bagus. Dari sampah lahirlah lapangan kerja baru. 

Sampah kita adalah tanggung jawab kita. Jika masing-masing dari kita bertanggung jawab terhadap sampahnya. Bukan hal yang tidak mungkin , permasalahan sampah akan berangsur berkurang. Jika kita tidak mampu menangani tumpukan sampah yang semakin hari semakin menumpuk. Maka mari kita belajar mengurangi sampah. Ada sebuah konsep yang disebut Zero Waste (Nol Sampah).

No comments:

Post a Comment

Nikmat Melihat