Monday, October 21, 2019

Dengan Mengajar, Aku Belajar


             Mengajar membuatku belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Dulu aku dikenal sebagai seseorang yang pendiam, pemalu dan memiliki suara yang kecil. Aku tidak pernah mengobrol  kecuali jika ditanya. Tidak akan menyapa jika tidak disapa. Malu ketika bersama banyak orang. Ketika ke sekolah dulu, berada di depan kelas adalah momen yang paling menegangkan. Suaraku pun kecil , bicaranya lembut dan seolah berbisik. Semua ini menjadi masalah bagiku.

             Sampai akhirnya aku diberikan kesempatan untuk mengajar. Saat itu aku mengajar kelas 3 SD.  Mungkin terasa aneh. Apakah bisa seorang pendiam , pemalu dan memiliki suara kecil mengajar? Saat itu keadaan yang memaksa. Aku sudah berada di dalam kelas dan semua mata siswa tertuju padaku. Mana mungkin aku diam? Saat itu aku merasakan kembali ketegangan ketika berada di depan. Badan gemetar, keringat bercucuran. Tapi ku coba hadapi  dengan semampuku. Saat itu ruang kelasnya kecil dan siswanya pun tidak terlalu banyak jadi suaraku tidak terlalu masalah. 

           Semakin lama ku jalani, aku pun mulai terbiasa. Aku jadi belajar untuk berani bicara di depan. Karena tidak mungkin aku diam di hadapan siswa-siswaku dan tentunya aku harus menjadi contoh bagi siswaku. Bagaimana bisa aku meminta siswaku berani bicara di depan kelas jika aku saja tidak berani. Aku jadi belajar untuk menyesuaikan volume suaraku karena aku harus memastikan siswa-siswaku bisa mendengar pelajaran dariku. Dan lagi-lagi aku pun harus jadi contoh bagi siswa-siswaku. Ketika aku meminta siswa untuk bersuara lebih keras, tentunya aku harus memberi contoh.

           Aku jadi belajar untuk bersosialisasi dan berkoordinasi. Karena aku memiliki partner mengajar maka aku perlu menjalin komunikasi dengan partnerku. Aku yang biasanya tidak pernah mengobrol jika ditanya dan tidak pernah menyapa jika tidak disapa menjadi lebih dulu bertanya dan menyapa. Aku harus menyapa siswa dan bertanya tentang kesulitan yang dihadapi. Dari mengajar pun aku belajar untuk terus belajar. Harus siap untuk mengulang pelajaran, banyak membaca dan bahkan harus menambah lagi ilmu lagi. Terima kasih nak, darimu aku belajar. Aku bersyukur menjadi seorang guru yang pada akhirnya telah mengubah duniaku. 

#30DWC #30DWCJilid20day5 #ucibercerita @pejuang30dwc

No comments:

Post a Comment

Nikmat Melihat