Tuesday, October 22, 2019

Berani Mencoba

            Pernahkah tertahan melakukan sesuatu karena ragu atau takut? Tapi ketika kita mencobanya, ternyata tidak seperti yang kita pikirkan. Tidak sesulit dan seseram yang kita bayangkan.

          Ketika masih kecil uci takut untuk berenang bahkan untuk sekadar memasukkan kepala ke dalam air. Yang uci bayangkan, uci bisa tenggelam, mata perih dan segala ketakutan lainnya. Meskipun berkali-kali dimotivasi guru bahkan sampai dipaksa Uci masih takut. Sampai pada akhirnya Uci tidak sengaja hampir tenggelam. Dan ternyata Uci baik-baik saja, tidak perlu ada yang ditakutkan. Semejak itu Uci jadi lebih berani untuk berenang. Hari ini siswa-siswa Uci jadwal berenang. Ada anak yang mengalami hal seperti Uci dulu, takut untuk berenang. Uci pun coba memotivasi anak tersebut dan memastikan anak tersebut merasa aman. Akhirnya setelah sekali mencoba, anak tadi malah tidak ingin berhenti. Ternyata masalahnya hanya tidak berani memulai atau mencoba. 
               
          Berani mencoba bukan karena sudah bisa. Tapi dengan berani mencoba kita akan menjadi bisa. Dengan berani mencoba, setidaknya ada dua kemungkinan yang akan kita dapatkan. Yang pertama , saat kita berani mencoba tapi ternyata tidak bisa maka kita akan mendapatkan pengalaman. Dan tentunya dari kesalahan kita akan belajar lebih baik lagi. Berani mencoba biasanya pada hal-hal baru. Maka bagi orang yang berani mencoba akan mendapat banyak pengalaman-pengalaman baru.

          Dengan berani mencoba kita tahu batas kemampuan kita dan kita pun tahu letak kesalahan kita. Gerbang menuju pengalaman-pengalaman yang belum pernah kita dapatkan adalah dengan berani mencoba. Mencoba hal-hal yang baik dan yang sudah tentu bermanfaat. 

#30DWC 
#30 DWCJilid20
#30DWCJilid20Day6
@pejuang 30dwc
 

No comments:

Post a Comment

Nikmat Melihat